MONITORING & EVALUASI KERJASAMA AKBID BAKTI UTAMA PATI TAHUN 2016

MONITORING & EVALUASI KERJASAMA

AKBID BAKTI UTAMA PATI TAHUN 2016

 

Dalam rangka peningkatan mutu pelaksanaan program dan pengembangan di lingkup internal managemen, tuntutan kualitas dan kuantitas mutu program merupakan keharusan karena penyelenggaraan pelaksanaan program dan pengembangan yang bermutu merupakan bagian dari akuntabilitas.

Guna mencapai akuntabilitas tersebut, kegiatan monitoring dan evaluasi menjadi wahana kontrol dan pengendalian program mulai dari proses perencanaan, implementasi, output dan outcome yang diharapkan. Oleh karena itu untuk mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan program dan pengembangan dibutuhkan adanya program monitoring dan evaluasi dengan menggunakan suatu aturan, ukuran dan kriteria sebagai indikator keberhasilan suatu pekerjaaan atau perencanaan.

Salah satu bagian yang menunjang dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi adalah peran nyata para mitra kerjasama yang telah dijalin dengan Akbid Bakti Utama Pati. Monitoring dan evaluasi kerjasama, terutama berkaitan dengan kepuasan mitra menjadi hal yang penting dalam menjamin keberlanjutan program bagi kedua pihak.

Pada tahun 2016, Akbid Bakti Utama Pati melalui Bagian Riset Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan (RPMP) melakukan survei untuk melihat kepuasan mitra. Tujuan kegiatan ini adalah Monitoring dan Evaluasi ini ditujukan bagi terealisasinya program dalam:

  1. membantu memberikan bahan perbaikan dan analisis dalam evaluasi managemen sehingga tetap pada alur program yang sudah direncanakan.
  2. Mendeteksi sedini mungkin kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi bagi penguatan program.

Metode pengumpulan data menggunakan angket (terlampir) yang dikirimkan kepada mitra. Sampel dalam survei ini meliputi 25 mitra yang dianggap mewakili institusi sesuai bidang lingkup kerjasama. Para mitra tersebut antara lain adalah:

  1. Jawa Pos radar kudus
  2. PAS FM
  3. BPPKB
  4. RSUD Rembang
  5. Klinik Lidya Sifra
  6. BPM Zulaikah
  7. BPM Siti Fatonah
  8. BPM Sri Hadi Setiyaningsih
  9. BPM Dewi R
  10. BPM Permata
  11. Klinik Izza Medika
  12. ARI
  13. RSI Demak
  14. RSUD Demak
  15. RSUD Blora
  16. Stikes Muh Kudus
  17. Akbid Duta Dharma
  18. Akbid Mardi Rahayu
  19. Akbid Muslimat NU
  20. Akbid Kudus
  21. Ranting Aisyiyah Bae Kudus
  22. Wardah
  23. RS PB
  24. RSUD Kudus
  25. BPM Ni’amah

 

Instrumen telah dikirim kepada mitra kerjasama, dan yang kembali sejumlah 16 mitra  (64%). Hasil olah dan analisis data yang dihimpun adalah sebagai berikut;

  1. Mitra kerjasama puas dengan skor > 75%, sejumlah 13 mitra (81%)
  2. Cukup puas dengan skor 60 – 75%, sejumlah 3 mitra (13%)
  3. Kurang puas dengan skor < 60%, tidak ada (0%)

Berikut grafik hasil kepuasan mitra:

Grafik Hasil Kepuasan Mitra Kerjasama

 

Hasil monev akan manjadi dasar dilakukannya tindaklanjut dalam menentukan keberlanjutan kerjasama.

Lampiran 1. Kuesioner Survei Kepuasan Mitra Kerjasama

 

SURVEI KEPUASAN MITRA KERJASAMA

AKBID BAKTI UTAMA PATI

TAHUN ……………

 

Nama        :

Institusi     :

Email         :

No. Hp       :

Jenis Institusi:

  1. Perguruan Tinggi
  2. Sekolah
  3. Instansi pemerintah
  4. Instansi swasta
  5. Usaha/industri
  6. LSM/NGO

Dalam bidang apa Anda terlibat kerjasama dengan Akbid Bakti Utama Pati?

 

 

Petunjuk pengisian: Mohon menjawab pertanyaan berikut sesuai pendapat Anda dengan memberikan tanda centang.

Keterangan: 1) Sangat tidak setuju, 2) Tidak setuju, 3) Netral, 4)Setuju, 5) Sangat setuju

No. Uraian Jawaban
1 2 3 4 5
1 Staff kerjasama Akbid merespon pada kebutuhan kami dengan tepat & profesional.
2 Akbid telah memberikan dampingan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan kam
3 Kerjasama/acara inti telah sesuai dengan harapan kami.
4 Kami mendapat hal yang berguna dari kerjasama antara institusi kami dengan Akbid.
5 Kami akan kembali ke Akbid di masa mendatang untuk kerjasama/acara lain.
6 Proses pembuatan naskah kerjasama cepat.
7 Implementasi kerjasama sesuai dengan MoU.
8 Proses pelaporan akhir kegiatan jelas & tepat waktu.

 

Berdasarkan jaringan kerjasama mohon Bapak/Ibu berkenan menyebutkan hal-hal yang dibutuhkan institusi Bapak/Ibu dalam kaitannya dengan keberlanjutan di masa yang akan datang.

 

 

 

 

 

Mohon tuliskan saran-saran Anda untuk kemajuan kami.

……………., ……………………

……………………………

 

………………………………….

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *