Kepuasan Mahasiswa

Kini, Kepuasan Mahasiswa

terhadap Layanan Kemahasiswaan

Makin Meningkat

 

Kualitas pelayanan kepada pemangku kepentingan merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi dalam membangun hubungan yang erat dengan konsumennya. Dengan kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat menciptakan kenyamanan dan ketenangan di lingkungan organisasi. Perguruan tinggi yang berperan aktif dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, sangat memerlukan suasana akademik dan lingkungan yang nyaman untuk melakukan proses belajar mengajar. Dengan pelayanan yang baik perguruan tinggi diharapkan menjadi rumah kedua bagi mahasiswa.

Pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa antara lain pelayanan BAAK-BAU, Bimbingan Konseling, perpustakaan, laboratorium kebidanan, laboratorium bahasa dan laboratorium komputer. Guna melihat kepuasan mahasiswa, maka dilakukan survei terhadap layanan kemahasiswaan.

Tujuan survei kepuasan layanan kemahasiswaan ini adalah :

  1. Mendapatkan informasi yang valid terhadap informasi layanan kemahasiswaan yang telah diberikan institusi perguruan tinggi;
  2. Mendapatkan masukan bagi perbaikan pengelolaan perguruan tinggi terutama mutu layanan kemahasiswaan.

Survei ini memberikan manfaat kepada institusi, antara lain:

  1. Mendorong partisipasi mahasiswa sebagai sasaran layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan.
  2. Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
  3. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan mahasiswa.

 

Pelaksanaan survei kepuasan layanan kemahasiswaan dilakukan akhir semester genap tahun akademik 2016/2017 oleh tim yang ditunjuk di bawah tanggung jawab UPT Penjaminan Mutu. Survei menggunakan teknik penyebaran angket kepada mahasiswa semester 2, 4 dan 6 dengan teknik stratified random sampling, sejumlah 35 mahasiswa. Survei menggunakan angket yang valid dan reliabel, yang mengukur aspek tangibles, assurance, reliability,  responsiveness, dan empathy terhadap layanan a). BAU-BAAK, b). BK. c). perpustakaan, d). laboratorium (kebidanan, bahasa dan komputer).

Hasil pengolahan kuesioner kepuasan mahasiswa yang telah dilakukan di Akbid Bakti Utama Pati dapat disimpulkan sebagai berikut

Diagram 1.

Kesimpulan Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa

terhadap Pelayanan Kemahasiswaan

Berdasarkan hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa rata-rata 80% dengan tingkat kepuasan tertinggi pada aspek pelayanan laboratorium kebidanan dan yang terendah pelayanan BK dan laboratorium bahasa. Hasil survei ini menjadi masukan untuk perbaikan penyelenggaraan institusi pada periode berikutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *