MONITORING & EVALUASI KERJASAMA

MONITORING & EVALUASI KERJASAMA

 Monitoring dan evaluasi kerjasama dilakukan secara berkala (tahunan) dengan melihat realitas implementasi hasil Nota Kesepahaman (MoU). Sampai tahun 2017 semua salinan hard copy MoU tersimpan dalam administrasi Bagian Riset Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan (RPMP) Akbid Bakti Utama Pati. Manfaat kerjasama ditujukan untuk saling menguntungkan antara ke 2 (dua) belah pihak. Pihak Akbid Bakti Utama Pati tetap berpedoman pada visi “Menjadi institusi perguruan tinggi yang berbasis tri dharma perguruan tinggi berdasarkan nilai-nilai pengembangan karakter budaya daya nalar, kesantunan, kedisiplinan, terampil, mandiri dan berjiwa wirausaha di tingkat regional pada tahun 2020”.

Kegiatan monitoring bertujuan untuk memantau suatu kegiatan kerjasama dalam pencapaian sasaran. Kegiatan monitoring meliputi mekanisme monitoring, fokus monitoring, acuan monitoring, jadwal monitoring.

Pelaksanaan monitoring dilakukan dengan berbagai cara, disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Untuk monitoring di tingkat lapangan, t dilakukan dengan cara diskusi langsung secara intensif bersama para stakeholder yang terlibat dalam kegiatan, atau menggunakan media sosial yang ada.

Dalam pelaksanaannya monitoring akan difokuskan pada :

  1. Input; pendanaan, SDM, peralatan dan lain-lain yang relevan.
  2. Proses; metoda, waktu Pelaksanaan, ketepatan pelaksanaan sesuai rencana, perencanaan kerja dan lainnya yang relevan.
  3. Output; manfaat kerjasama, ketepatan output sesuai tujuan kerjasama dan lainnya yang relevan.

Penilaian didasarkan atas hasil penilaian dalam proses wawancara. Kategori penilaian adalah sebagai berikut:

  1. A = Baik, jika ada kerjasama yang hasilnya memberikan manfaat yang baik bagi kedua pihak
  2. B = Cukup, jika ada kerjasama yang hasilnya memberikan manfaat yang cukup baik bagi kedua pihak
  3. C = Kurang, jika ada kerjasama namun tidak signifikan atau tidak ada realisasi kerjasama

Pelaksanaan monitoring dilaksanakan pada setiap pelaksanaan kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan atau setidaknya setiap akhir semester. Monev dilakukan dengan interview/ wawancara satu per satu menggunakan instrumen oleh Bagian RPMP dan atau unit yang bersangkutan.

Pada tahun akademik 2016/2017, kegiatan monev kerjasama dilakukan terhadap 61 responden antara lain rumah sakit, dinas kesehatan, bidan praktik mandiri, perguruan tinggi kesehatan, desa binaan, penyalur tenaga kerja, wardah cosmetic, dan sebagainya.

Adapun hasil monev kerjasama tersebut adalah sebagai berikut:

Grafik tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar kerjasama dapat terlaksana dalam kategori cukup baik (64%), disusul kategori baik (28%), kategori kurang baik (8%).

Kerjasama yang telah berlangsung dengan baik, dapat dipertimbangkan untuk dikembangkan lingkup kerjasamanya. Hasil kerjasama ini sebagai masukan bagi peningkatan percepatan tercapainya visi dan misi Akbid Bakti Utama Pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *